Sumpit Hokben rusak?, Cara Patahin dan bukanya

Sumpit Hokben rusak?, Cara Patahin dan bukanya|sumpit hokben, cara patahin, buka sumpit
Sumpit Hokben Rusak ?
Berikut pengalaman saya tentang ketidaktahuan cara membuka sumpit yang benar agar tidak rusak
sumpit-hokben-rusak-cara-patahin-dan-bukanya
pisah-sumpit-rusak
Sumpit merupakan alat bantu makan sejak jaman dulu dan sampai sekarang masih sangat sering dipakai. Jenis makanan yang menyediakan sumpit biasanya jenis makanan mie, makanan daging, makanan restoran, dan lain sebagainya. Pengalaman saya membuka sumpit yang salah telah saya lakukan sampai tiga kali rusak pada bagian ujung sumpit. Sayapun bingung kenapa bisa rusak seperti itu. Saat itu, cara saya membuka sumpit dengan mematahkan dari pangkal sumpit yang berada di bawah, langsung saya pisahkan dan patahkan. Alhasil, hasilnya rusak hehe.. Rusaknya seperti gambar tersebut. Akhirnya karena saya merasa ada yang aneh dari caya saya membuka sumpit, saya akhirnya mencari tau cara membuka yang benarnya. Saya mencari tau dari obrolan keluarga dan mencari tau melalui internet. Ternyata, ada banyak cara membuka sumpit yang benar dan bahkan cara memegang yang benarnya harus seperti apa. 

Kerusakan sumpit sampai tiga kali yang telah saya alami yaitu sumpit yang disediakan oleh restoran makanan hokben. Banyak teman-teman kerja kantor saya yang memesan makanan ke restoran hokben dalam acara syukuran maupun jajan makan siang. Mungkin teman-teman saya pernah mengajari saya tentang cara buka sumpitnya namun terkadang saya lupa saat membukanya dengan sendiri dan alhasil saya memang sering salah mematahkan sumpit hokben tersebut hehe... Biasanya kalo makanan pinggir jalan seperti mie ayam yang memerlukan sumpit atau kwetiau memang sudah disediakan sumpit yang terpisahnya jadi gampang, namun kalo di tempat restoran sumpitnya memang belum dipisahkan agar tetap streril sampai ke konsumennya. Yah, namanya juga orang kampung belum ngerti cara buka sumpit yang benanrnya haha.. Tapi, ada juga beberapa sumpit yang mudah dilepaskan tanpa harus dengan menggunakan teknik tertentu loh.. Saya memang sering melakukannya seperti itu dulu, karena kebiasaan memisahkannya dari bawah. Namun, entah kenapa pada sumpit hokben ini sumpit saya selalu rusak saat saya patahkan dengan cara biasanya. 

jajan-makanan-hokben
jajanan-makananan-hokben

Akhirnya, dari rasa ingin tahu dan mau belajar sesuatu, sayapun sekarang sudah tau teknik-teknik untuk memisahkan sumpit atau mematahkan sumpit yang benarnya. Mungkin, tips dan trik ini bisa teman-teman coba ya, khususnya sumpitnya hokben hehe...
Berikut tips dan triknya :
1. Mengusap-ngusap sumpitnya, sehingga ada gesekan yang kuat yang dapat mengakibatkan sumpit terpisah tanpa rusak.
2.  Mematahkan bagian atasnya atau ujung sumpitnya, disitu ternyata ada garis seperti batasan yang memang sudah disediakan untuk dipatahkan sehingga sumpit dapat dipisahkan dengan mudah tanpa rusak.
Itulah pengalaman saya cara mematahkan sumpit dari yang salah sampai yang benarnya. Semoga artikel ini bermanfaat sebagai bacaan literasi dan informasi.