Teknik Pemasaran Bisnis Kedai Kopi

Teknik Pemasaran Bisnis Kedai Kopi|kedai kopi, bisnis kopi, teknik pemasaran
3 Teknik Pemasaran Bisnis Kedai Kopi 
3-Teknik-Pemasaran-Bisnis-Kedai-Kopi
Terdapat tiga teknik pemasaran saat ingin usaha bisnis kedai kopi yang dapat saya bagikan kepada teman-teman, dan bisa digunakan untuk merencanakan bisnisnya.

1. Kondisi Pasar
Salah satu perilaku konsumen di Indonesia, khususnya masyarakat perkotaan adalah suka berkumpul dengan teman, kerabat maupun rekan kerjanya (majalah Marketing). Tempat berkumpul umumnya adalah di kafe, fitness center, arisan, kumpul keluarag, teman kuliah, dan lain sebagainya. perilaku suka berkumpul merupakan ciri bahwa masyrakat indonesia memiliki kehidupan sosial yang kuat. Tren anak muda hari ini yaitu kumpul bersama di kafe saat ini. Anak muda saat ini suka berkumpul di kafe atau resto tertentu, salah satu alasannnya karena mereka mendapatkan fasilitas-fasilitas yang sesuai di tempat kafe, selain itu juga daya dukung dari bank digital yang memberikan diskon besar-besaran di berbagai kafe dengan cara membayar menggunakan scan barcode atau transfer bank digital yang dimilki oleh setiap konsumen. itulah faktor pemicu kunjungan konsumen ke kafe dan resto yang meningkat tajam-khususnya pada akhir pekan. 

2. Calon Pelanggan
Sasaran pasar bisnis kedai kopi adalah penggunan fasilitas bank digital secara online dan pekerja kantoran, baik yang profesional maupun non profesional, usia dewasa, dengan kelas sosial menengah ke atas. Tempat toko akan ditempatkan pada tempat yang mudah dijangkau oleh kalangan pegawai kantoran tersebut. Usaha kedai kopi ini berharap tingkat pembelian ulang konsumen cukup tinggi. Selain itu, diharapkan sekitar 90% pesanan akan dilakukan melalui take away dikarenakan kondisi covid-19 masih berlangsung sampai saat ini.

3. Strategi Pemasaran
Perusahaan akan menerapkan strategi pemasaran dan persediaan barang dagangan yang agresif yang dirancang untuk menciptakan dan mempertegas citra merek perusahaan. Perusahaan akan menggunakan logo bisnis kedai kopi secara ekstensif pada presentasi produknya yang inovatif, kemasan dan selebaran serta desain website yang akan dikembangkan lebih lanjut lagi. Karyawan juga menawarkan berbagai konsep pemasaran yang kreatif seperti sampel gratis dari "menu hari ini" kartu keanggotaan, materi edukasi mengenai produk kopi termasuk poster-poster dan T-shirt.
Implementasi strategi pemasaran meliputi hal-hal berikut :
1. bekerjasama dengan platform digital untuk memberikan diskon besar kepada konsumen
2. Penawaran produk makanan atau minuman yang hanya dapat digunakan pada hari-hari tertentu untuk mendorong kunjungan berganda.


3. Kalimat-kalimat keren dan edukasi (seperti poster, selebaran, dan layar digital) yang berkaitan dengan kualitas kopi, asal bahan bakunya, manfaat dan petunjuk pembayaran yang mudah
4. layanan proaktif karyawan : melatih dan mendidik karyawan mengenai teknik layanan dan persiapan serta cara melayani konsumen dengan antusias.
5. Memberikan jasa antar gratis pada wilayah perkantoran dan merencanakan kerjasama dengan jenis jasa antar lainnya seperti grab dan gojek
6. Penempelan logo, media luar ruang dan lain sebagainya.
Bentuk lain strategi merchandising adalah tampilan cup take away yang atraktif. Akan dirancang dengan bahan yang aman bagi lingkungan dan di desain dengan logo perusahaan yang menarik.
#kedaikopi
#teknikpemasaran
#bisniskopi