Wisata Desa Minggirsari, Blitar

Wisata Desa Minggirsari, Blitar|desa minggirsari, wisata minggirsari, blitar wisata minggirsari
WISATA DESA MINGGIRSARI, 
KEC. KANIGORO, KAB. BLITAR
desa-wisata-minggirsari
desa-wisata-minggirsari

Desa minggirsari merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan konigoro, kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Desa Minggirsari ini terletak di tengahnya Blitar raya dengan luas 362 hektar dengan jumlah penduduk mencapai 3.992 jiwa. Desa Minggirsari ini memiliki potensi dan strategis menjadi desa wisata dan juga Kebudayaan. Ini di buktikan dengan adanya beberapa peninggalan-peninggalan Arca, dan wisata yang ada serta UMKM yang mendukung hal tersebut. Dwarapala adalah patung penjaga gerbang atau pintu dalam ajaran siwa dan buddha, berbentuk manusia monster. Biasanya dwarapala diletakkan di luar candi, kuil atau bangunan lainnya. Arca ini sudah dibangun pendopo untuk melindungi arca tersebut dan juga sudah terdaftar di arkeologi. 

Wisata Papringan. Wisata Papringan di desa Minggirsari ini terletak di sungai Brantas, merupakan salah satu opsi dan destinasi wisata yang terdapat pada khususnya di Kabupaten Blitar. Selain terdapat wahana seperti “River Tubbing” dan “Raffting” disini juga terdapat bumi Perkemahan, Untuk wisatawan yang ingin berkemah dan melepas kepenatan. 

Wisata Tirto Wening. Tirto yang artinya “Air” dan wening yang artinya “Jernih” begitulah warga memberi nama sumber mata air ini karena airnya yang jernih. Terdapat di tengah pemukiman warga. Sumber air ini biasa di gunakan warga untuk keperluan sehari-hari seperti mencuci baju, Mandi dan yang lainnya. Di hari-hari tertentu bahkan ada kesenian gamelannya untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung di TIRTOWENING ini. 

Wisata Ngeliban. Ngeli artinya kita mengikuti arus sungai yang aman, sementara ban adalah tempat kita mengapung diatasnya untuk menyusuri aliran sungai berantas. Ngeliban adalah suatu wisata yang terdapat pada desa minggirsari dengan menggunakan arus air berantas, mengiringi arus air dengan ban lalu bersenang-senang dengan mengkaitkan ban satu dengan yang lainnya. Desa Minggirsari tidak hanya menjadi Desa wisata saja, Namun terdapat juga 

UMKM-UMKM yang ada di sana, Seperti Dapur Dronsu Salut Mart, DK Laundry, Pecel khas Blitar, Cakra Dan lainnya. Ini artinya warga di desa tersebut tidak hanya bergantung pada Wisata nya namun juga membangun ekonomi melalui Bisnis. Warga di desa tersebut berarti mempunyai pemikiran yang maju untuk membangun desa Minggirsari tersebut.