Resep Sup Ayam Jahe dan Manfaat-Nya

Resep Sup Ayam Jahe dan Manfaat-Nya|resep sup ayam, sup ayam jahe, manfaat daging ayam, manfaat jahe, sumber protein paling mudah dikonsumsi
Resep Sup Ayam Jahe dan Manfaat-Nya
Resep_Sup_Ayam_Jahe_dan_Manfaat-Nya.
Resep_Sup_Ayam_Jahe_dan_Manfaat-Nya.

Resep Sup Ayam Jahe 
Bahan yang Harus Disiapkan 
1 ekor ayam kampung, dipotong menjadi 16-20 bagian 
1 sendok makan air perasan lemon 
5 siung bawang putih yang dimemarkan 
1/2 buah bawang bombai yang dipotong panjang 3 cm irisan jahe 
1 buah wortel potong kecil sesuai selera
2 buah kentang yang dipotong seperti dadu 
1 1/2 sendok makan garam 
1/4 sendok teh merica bubuk 
1 sendok teh minyak wijen 
1 batang daun bawang iris 1400 - 2000 ml air 
1 sendok makan minyak untuk menumis 
Cara Membuat Resep Sup Ayam Jahe 
Lumuri ayam bersama garam dan air jeruk lemon untuk menghilangkan bau amis dari ayam, lalu diamkan selama 15 menit. Didihkan air dan masukkan ayam yang telah dilumuri dengan garam dan air perasan lemon sebelumnya. Rebus ayam hingga mendidih. Tumis bawang putih yang dimemarkan, irisan bawang bombai, dan irisan jahe yang sudah Mama siapkan sebelumnya. Setelah harum, tuang tumisan tadi ke dalam rebusan ayam lalu masak hingga matang. Masukkan potongan wortel dan kentang ke dalam rebusan ayam, masak hingga wortel dan kentang cukup empuk. Sebelum matang jangan lupa tambahkan bumbu penyedap seperti garam dan merica bubuk dan tunggu masakan sampai matang Sebelum diangkat, tambahkan minyak wijen dan daun bawang dan aduk sup ayam jahe hingga merata. 
Di samping itu khasiat hidangan Sup Ayam Jahe ini dapat mengembalikan kehangatan tubuh pada musim Pancaroba seperti sekarang. 

Manfaat Jahe
Melawan kuman
Senyawa kimia tertentu dalam jahe segar membantu tubuh menangkal kuman. Mereka sangat baik dalam menghentikan pertumbuhan bakteri seperti E.coli dan shigella, juga dapat mencegah virus seperti RSV.
Menjaga kesehatan mulut
Kekuatan antibakteri jahe juga dapat mencerahkan senyum Anda. Senyawa aktif dalam jahe yang disebut gingerol mencegah bakteri mulut tumbuh. Bakteri ini sama dengan yang dapat menyebabkan penyakit periodontal, infeksi gusi yang serius.
Meredakan mual
Jahe membantu meredakan mual, terutama selama kehamilan. Jahe dapat bekerja dengan memecah dan membuang gas yang menumpuk di usus, bisa juga membantu mengatasi mabuk laut atau mual yang disebabkan oleh kemoterapi.
Menenangkan nyeri otot
Jahe tidak akan langsung menghilangkan nyeri otot tetapi dapat meredakan nyeri seiring waktu. Dalam beberapa penelitian, orang dengan nyeri otot akibat olahraga yang mengonsumsi jahe mengalami lebih sedikit rasa sakit keesokan harinya dibandingkan yang tidak.
Meringankan gejala arthritis
Jahe adalah anti-inflamasi, yang berarti mengurangi pembengkakan, sangat membantu mengobati gejala rheumatoid arthritis dan osteoarthritis. Anda bisa mengatasi rasa sakit dan bengkak, baik dengan mengonsumsi jahe atau menggunakan kompres jahe atau menempelkan pada kulit.
Menghambat pertumbuhan kanker
Beberapa penelitian menunjukkan molekul bioaktif dalam jahe dapat memperlambat pertumbuhan beberapa jenis kanker, seperti kanker kolorektal, lambung, ovarium, hati, kulit, payudara, dan prostat. Tetapi, lebih banyak penelitian diperlukan untuk melihat apakah ini benar.
Menurunkan gula darah
Satu penelitian kecil baru-baru ini menunjukkan jahe dapat membantu tubuh menggunakan insulin dengan lebih baik. Studi yang lebih besar diperlukan untuk melihat apakah jahe dapat membantu meningkatkan kadar gula darah.
Meringankan nyeri haid
Bubuk jahe dapat membantu kram menstruasi. Dalam penelitian, wanita yang mengonsumsi 1.500 miligram bubuk jahe sekali sehari selama tiga hari selama menstruasi merasakan lebih sedikit rasa sakit daripada yang tidak.
Menurunkan kolesterol
Dosis jahe harian dapat membantu melawan kadar kolesterol jahat atau LDL. Dalam penelitian terbaru, mengonsumsi 5 gram jahe sehari selama tiga bulan menurunkan kolesterol jahat rata-rata 30 poin.
Melindungi dari penyakit
Jahe sarat antioksidan, senyawa yang mencegah stres dan kerusakan DNA tubuh. Antioksidan dapat membantu tubuh melawan penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan penyakit paru-paru, plus meningkatkan penuaan yang sehat.
Meredakan gangguan pencernaan
Jika hidup dengan gangguan pencernaan kronis atau disebut juga dispepsia, jahe bisa meredakannya. Jahe sebelum makan dapat membuat sistem pencernaan lebih cepat kosong.

Manfaat Mengonsumsi 
Daging Ayam 
Daging ayam adalah sumber protein yang paling mudah diolah dan dikonsumsi oleh masyarakat. Daging ayam ternyata punya beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh kita loh, seperti: 
1. Mengandung Zat Besi 
Kandungan zat besi yang menjadi salah satu penyusun sel darah merah dalam tubuh kita, ternyata terdapat dalam daging ayam yang biasa kita konsumsi. Memakan olahan daging ayam mampu membantu Mama dalam menjaga trombosit tubuh supaya tetap stabil dan mencegah terjadinya anemia. 
2. Kunci Imunitas Tubuh 
Daging ayam mengandung mineral yang berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh (meningkatkan imunitas), mengandung zat riboflavin yang membantu dalam memperbaiki jaringan tubuh, dan menjaga tubuh tidak mudah tertular penyakit seperti flu, demam, sakit mata, dan lainnya. Ini membuktikan bahwa olahan daging ayam sangat cocok dikonsumsi pada cuaca pancaroba yang tak menentu seperti sekarang ya Mam. 
3. Sebagai Pemberi Efek Positif Pada Otak 
Kamu sedang bad mood tapi nggak mau makan cokelat karena takut diabetes? Coba deh konsumsi olahan daging ayam Mam! Karena Vitamin B5 (asam pantotenant) dalam daging ayam memberikan efek tenang pada sel syaraf manusia. Efek Vitamin B5 ini ternyata membantu memberikan efek positif pada otak manusia, sehingga mengonsumsi daging ayam dapat membantu mengembalikan mood menjadi lebih baik. 
4. Memperkuat Tulang Tubuh 
Daging ayam mengandung zat selenium yang sangat tinggi yang bisa mencegah sakit dibagian-bagian persendian. Di samping itu juga terdapat kandungan kalsium yang sangat tinggi pada daging ayam yang mampu mencukupi kebutuhan tulang dan gigi dan memberikan cadangan kalsium dalam tubuh.